ABSTRAK
PENERAPAN
METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OPERASI HITUNG
BILANGAN PANGKAT TIGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN II KALISARI
KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON
Angga
Prianto
NIM.
090641078
Penelitian ini di latarbelakangi adanya
kenyataan yang menunjukkan kurangnya pemahaman siswa kelas V SDN II Kalisari
Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran operasi hitung bilangan
pangkat tiga sehingga kemampuan siswa belum
mencapai tingkat yang diharapkan. Penyebab tidak pahamnya siswa tersebut berdasarkan
hasil pengamatan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
berpusat hanya pada guru, guru hanya mentransfer informasi kepada siswa dan
siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak
termotivasi untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Siswa tidak diberikan
kesempatan untuk menemukan sendiri cara berpikirnya sehingga pada penerapannya
siswa sering lupa dan tidak bisa memakai rumus dalam memecahkan masalah.
Melalui penelitian tindakan kelas (class room action research) sebagai
upaya perbaikan pada permasalahan tersebut di atas, peneliti memilih model pembelajaran inquiri. Model ini dipilih karena dengan menerapkan model
pembelajaran inkuiri anak akan terlatih untuk menemukan sendiri sesuatu yang
sedang dipelajarinya. Rumusan
masalah yang ingin diteliti adalah bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan, peningkatan pemahaman dan
hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiri. Adapun rancangan
penelitian yang digunakan mengacu kepada model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan instrumen penelitian menggunakan format
observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar siswa.
Untuk keabsahan data digunakan teknik falidasi data dengan teknik member check, triangulasi, dan
expert opinion. Berdasarkan data hasil yang diperoleh dari pelaksanaan
tindakan sebanyak dua siklus dengan menerapkan model
pembelajaran inkuiri telah berhasil.
Data hasil perbaikan siswa di siklus II
dalam pembelajaran Matematika dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata –
rata siswa dari siklus I yang di peroleh siswa sebesar 59,20 dan dari siklus II
menjadi 72.60 sehingga kenaikan sebesar 15,8. Sedangkan prosentase kelulusan
siswa pada siklus I mencapai 59% dan pada siklus II meningkat menjadi 95% sehingga mengalami
kenaikan sebesar 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemblajaran pada
siklus II dikatakan berhasil karena nilai rata – rata yang diperoleh siswa
mencapai 72,60 melebihi nilai KKM yang telah di tetapkan dan jumlah prosentase
kelulusan siswa sudah mencapai 95%.
No Responses to "kumpulan abstrak skripsi"