Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » Abstrak terlengkap skripsi

Abstrak terlengkap skripsi

Senin, 29 September 2014



DWI MURDILA KUSMITA, 2014 : “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Mendeskripsikan Binatang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”.

Kondisi sekolah yang satu dengan yang lain tidak sama. Ada sekolah memberikan jam khusus kepada guru pembimbing untuk masuk kelas dan tidak sedikit pula sekolah tidak memberikan jam khusus untuk masuk kelas. Guru pembimbing tersebut  hanya dapat masuk kelas bila terjadi jam kosong. Melihat fenomena seperti itu, perlu adanya alternatif lain agar layanan bimbingan dan konseling bisa tetap tersampaikan kepada siswa tanpa harus melalui tatap muka antara guru pembimbing dengan siswa (contohnya dengan menggunakan papan bimbingan).
Banyak guru pembimbing yang beranggapan bahwa pemanfaatan papan bimbingan belajar hanya membuang waktu, biaya, dan tenaga saja. Padahal bila dilihat dari segi kegunaannya sebagai media penyampaian informasi, papan bimbingan belajar. Siswa dapat secara langsung mencerna dan memahami informasi yang termuat dalam papan bimbingan belajar. Berkenaan dengan layanan bimbingan belajar diharapkan walaupun guru pembimbing tidak bisa memberikan layanan secara tatap muka, tetapi bisa menggunakan papan bimbingan belajar sebagai sarana layanan bimbingan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II di SD Negeri Sisalam 01  Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Penelitian pada penelitian ini menunjukkan pada proses pelaksanaan penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart (2010:27), yang meliputi menyusun rencana tindakan, bertindak, melakukan refleksi, dan merancang tindakan.
Berdasarkan hasil observasi sementara hanya 80% siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 mengeluhkan pembelajaran matematika yang terlalu monoton. Prestasi belajar matematika post-test I siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 berada pada kategori sedang, dengan rata-rata sebesar 74%. Namun ketika diadakan tes, prestasi setelah dilakukan tindakan ternyata dari kriteria yang sudah ditentukan yaitu rata-rata nilai prestasi belajar matematika harus mencapai 7,50 ternyata rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 Harapan baru mencapai 7,40. Ada beberapa siswa yang hanya mendapat nilai dibawah 6. Untuk itu diperlukan upaya lain yaitu pemberian mencapai bimbingan belajar agar nilai rata-rata mencapai kriteria yang telah ditargetkan 7,5 untuk itu perlu dilakukan tindakan II.

Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanakan di SD Negeri Sisalam 01 di kelas II dengan adanya layanan bimbingan dengan menggunakan instrument tes yang pelaksanaan pembelajarannya di lakukan secara klasikal dapat meningkatkan dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika mengenai operasi pembagian.

No Responses to "Abstrak terlengkap skripsi"

Poskan Komentar