DWI MURDILA KUSMITA,
2014
: “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam
Mendeskripsikan Binatang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD
Negeri Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”.
Kondisi
sekolah yang satu dengan yang lain tidak sama. Ada sekolah memberikan jam
khusus kepada guru pembimbing untuk masuk kelas dan tidak sedikit pula sekolah
tidak memberikan jam khusus untuk masuk kelas.
Guru pembimbing tersebut hanya
dapat masuk kelas bila terjadi jam kosong. Melihat fenomena seperti itu, perlu
adanya alternatif lain agar layanan bimbingan dan konseling bisa tetap
tersampaikan kepada siswa tanpa harus melalui tatap muka antara guru pembimbing
dengan siswa (contohnya dengan menggunakan
papan bimbingan).
Banyak
guru pembimbing yang beranggapan bahwa pemanfaatan papan bimbingan belajar
hanya membuang waktu, biaya, dan tenaga saja. Padahal bila dilihat dari segi
kegunaannya sebagai media penyampaian informasi, papan bimbingan belajar. Siswa
dapat secara langsung mencerna dan memahami informasi yang termuat dalam papan
bimbingan belajar. Berkenaan dengan layanan bimbingan belajar diharapkan
walaupun guru pembimbing tidak bisa memberikan layanan secara tatap muka,
tetapi bisa menggunakan papan bimbingan belajar sebagai sarana layanan
bimbingan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar
matematika.
Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas II di SD Negeri Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Penelitian
pada penelitian ini menunjukkan pada proses pelaksanaan penelitian yang
dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart (2010:27), yang meliputi menyusun rencana
tindakan, bertindak, melakukan refleksi, dan merancang tindakan.
Berdasarkan
hasil observasi sementara hanya 80% siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 mengeluhkan
pembelajaran matematika yang terlalu monoton. Prestasi belajar matematika
post-test I siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 berada pada kategori sedang,
dengan rata-rata sebesar 74%. Namun ketika diadakan tes, prestasi setelah
dilakukan tindakan ternyata dari kriteria yang sudah ditentukan yaitu rata-rata
nilai prestasi belajar matematika harus mencapai 7,50 ternyata rata-rata nilai
tes prestasi belajar siswa Kelas II SD Negeri Sisalam 01 Harapan baru mencapai
7,40. Ada beberapa siswa yang hanya mendapat nilai dibawah 6. Untuk itu
diperlukan upaya lain yaitu pemberian mencapai bimbingan belajar agar nilai
rata-rata mencapai kriteria yang telah ditargetkan 7,5 untuk itu perlu
dilakukan tindakan II.
Berdasarkan
hasil penelitian yang di laksanakan di SD Negeri Sisalam 01 di kelas II dengan
adanya layanan bimbingan dengan menggunakan instrument tes yang pelaksanaan
pembelajarannya di lakukan secara klasikal dapat meningkatkan dan membantu
siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika mengenai operasi
pembagian.
No Responses to "Abstrak terlengkap skripsi"