DESI L
FATKHURROHMAN, NIM 100641602. Judul Skripsi “Penggunaan Media Gambar Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kupu 02
Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”.
Penelitian
ini didasari oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran Menghargai jasa
tokoh-tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Guru hanya dapat
menjelaskan materi pembelajaran dengan cara klasikal. Sehingga siswa menjadi
tidak aktif dan kreatif selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada
prestasi belajar siswa dalam memahami materi tersebut masih rendah. Berdasarkan
uraian di atas, permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1.
Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SDN Kupu 02 pada pelajaran IPS sebelum
menggunakan media gambar? 2. Bagaimana prestasi belajar dalam pelajaran IPS
pada siswa Kelas V di SD Negeri Kupu 02 setelah menggunakan media gambar? 3.
Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pelajaran IPS? Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam PTK ini adalah : 1. Untuk
mengetahui prestasi belajar siswa kelas V SDN Kupu 02 pada pelajaran IPS sebelum menggunakan media
gambar. 2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas V SDN Kupu 02 pada
pelajaran IPS setelah menggunakan media gambar. 3. Untuk mengetahui prestasi
siswa kelas V SDN Kupu 02 pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media
gambar.
Menurut Arsyad (2003: 11-13) ada
beberapa kemampuan media pengajaran dalam mengefektifkan proses belajar
mengajar antara lain: (1) kemampuan fiksasi, yaitu media mempunyai kemampuan
menangkap sesuatu objek atau peristiwa, (2) kemampuan manipulatif yaitu
kemampuan memindahkan suatu objek yang disesuaikan dengan keperluan, kemampuan
distributive yaitu memungkinkan kita mentransfer atau memindahkan suatu objek
melalui ruang. Belajar adalah suatu kegiatan yang melibatkan individu secara
keseluruhan, baik fisik maupun psikis, untuk mencapai perubahan dalam tingkah
laku (Darsono 2003: 32).
Tujuan penelitian ini adalah untuk
memperbaiki sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan
metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Media Gambar yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN Kupu 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes yang berjumlah 25
orang. Instrumen penelitian menggunakan, observasi aktivitas siswa,
dokumentasi, dan alat tes.
Data awal hasil tes yaitu dari
jumlah 25 siswa hanya 6 siswa atau 24% yang dinyatakan tuntas. Dan setelah
diterapkannya media Gambar pada tindakan siklus I ada 11 siswa atau 44%. Pada
siklus II ada 18 siswa atau 72%, dan pada siklus III ada 22 siswa atau 88%.
Penggunaan model pembelajaran dengan
menggunakan media gambar telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar
menghargai jasa tokoh-tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan siswa
kelas V SDN Kupu 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
No Responses to "contoh abstrak skripsi PTK"