Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » kumpulan silabus berkarakter

kumpulan silabus berkarakter

Sabtu, 27 September 2014

SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                :   SD NEGERI KUPU 02
Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                      :   V / 2
Standar Kompetensi              :   2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia

KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1.   Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
















§  Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§  Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§  Melakukan diskusi mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa  
§  Bermain peran mengenai salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh daerah
§  Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
§  Membuat rangkuman atau cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang
§  Membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker
§  Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara
§  Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan Konggres Pemuda II
§  Membuat catatan mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menjawab pertanyaan tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§  Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§  Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§  Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§  Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§  Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§  Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§  Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Tertulis

Uraian
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda

12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)

















­     IPS Asy’ari Erlangga Kelas V
­     Gambar Para pejuang dan tokoh lain










2.2.   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia









§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
§  Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan  Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan
§  Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§  Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi

§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan

 12 x 35 menit
pert 5 - 8
(4minggu)






­      Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
­     Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
2.3.   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia

§  Proklamasi kemerdekan Indonesia
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan  
§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

12 x 35 menit
pert 9 - 12
(4minggu)



­      Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
­     Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
­      
2.4.   Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an


§  Perjuangan para tokoh dalam mempertahan-kan kemerdekaan
§  Mencari contoh cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Membuat laporan secara kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari
§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
­      
12 x 35 menit
pert 13 - 16
(4 minggu)


­     Buku IPS Asy’ari kelas V
­     Erlangga
­     Buku yang relevan
­     Gambar
&  Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah ....................................



       SURATIN, S.Pd
       NIP / NIK : 19631012 198405 2001

Kupu, 8 Mei  2014
Guru Praktikan



       DESI L FATKHURROHMAN
     


No Responses to "kumpulan silabus berkarakter"

Poskan Komentar