BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Secara sosiologis, peserta didik mempunyai kesamaan-kesamaan.
Kesamaan-kesamaan itu dapat ditangkap dari kenyataanbahwa mereka sama-sama anak
manusia. Oleh karenaitu, parapeserta didik mempunyai kesamaan-kesamaan unsur
kemanusiaan. Fakta menunjukkan bahwa tidak ada seorang anak pun, yang lebih
manusiawi dibandingkan dengan anak lainnya dan tidak ada anak yang kurang
manusia dibandingkan dengan anak yang lainnya. Adanya kesamaan-kesamaan yang
dipunyai anak inilah yang melahirkan konsekuensi yang sama atas hak-hak yang mereka punyai.
Di antara hak-hak tersebut, yang juga tidak kalah
pentingnya adalah hak untuk mendapatkan layanan pendidikan yang
bermutu. Ali Imron. (2011:02)
|
KTSP mengamanatkan agar pembelajaran di
sekolah berlangsung alamiah. Pendekatan pembelajaran yang menempatkan guru
sebagai sentral kegiatan belajar mengajar sedikit demi sedikit mulai
ditinggalkan. Ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali kepada pemikiran bahwa
anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan
lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya.
Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa.
Salah satu kewajiban guru dalam
memfasilitasi siswa adalah menentukan strategi belajar mengajar yang mencakup
pemilihan dan penentuan metode mengajar yang efektif. Tidak dapat dipungkiri
saat ini guru cenderung menggunakan metode yang sama dalam setiap pembelajaran,
misalnya ceramah.
Saat ini,
pembelajaran menulis yang
diadakan di sekolah-sekolah belum
maksimal. Sebagai contoh
dalam penelitian ini, pada
kegiatan observasi awal
dan pratindakan yang
dilakukan pada siswa kelas
II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes diketahui bahwa
nilai hasil pembelajaran
menulis deskripsi masih rendah
atau belum memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),
begitu pula proses pembelajarannya. Proses
pembelajaran menulis deskripsi
yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional.
Menurut guru yang mengampu kelas tersebut hal
tersebut disebabkan oleh beberapa
faktor, diantaranya: kurang antusiasnya
siswa dalam mengikuti pelajaran menulis
deskripsi, siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi menulis
deskripsi, siswa merasa jenuh atau bosan pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia yang selama ini dilakukan secara monoton, guru kesulitan membangkitkan keaktifan
siswa, guru belum menggunakan
metode pembelajaran yang inovatif, kurangnya pembimbingan
guru saat siswa mengerjakan tugas menulis deskripsi,
guru kesulitan dalam menemukan dan
menerapkan metode pembelajaran
yang tepat dalam
mengajar materi menulis
deskripsi.
Berdasarkan hasil belajar siswa dapat dibuktikan
dengan hasil tes pada mata pelajaran Ilmu
Pengtahuan Alam aspek menulis dalam mendeskrisikan pada tanggal 14 April 2014, dengan
tujuan pembelajaran mendeskripsikan binatang dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
yang dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Dari tes
tersebut diperoleh hasil tulisan siswa belum sempurna, karena penggunaan
katanya belum tepat dan kalimatnya cenderung diulang-ulang sehingga tidak mudah
untuk dipahami. Perolehan nilai rata-rata kelas yang seharusnya mencapai angka
di atas 60, pada kenyatannya hanya mencapai 38,7% siswa yang memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 61,3% siswa yang belum memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia dalam aspek menulis dalam
mendeskripsikan untuk kelas II semester II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Dengan
permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya, maka guru harus mengambil
tindakan, yakni dengan mencari dan menggunakan suatu pendekatan atau model
pembelajaran yang efektif, inovatif, dan berpotensi dalam memperbaiki
pembelajaran menulis, sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan sikap siswa
terhadap pembelajaran menulis yang berakibat pada meningkatnya prestasi belajar
siswa. Dengan demikian guru dapat merancang suatu bentuk pembelajaran yang
aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
sebagai metode alternatif dalam pemecahan masalah tersebut.
Berdasarkan realitas di atas, maka
penulis tertarik melakukan penelitian ini dengan judul “Penggunaan
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mendeskripsikan
Binatang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri
Sisalam 01
Kecamatan Wanasari
Kabupaten Brebes”.
B.
Pembatasan
Masalah
Sesuai
dengan latar belakang di atas, maka perlu penegasan kembali bahwa masalah yang
penulis teliti perlu dibatasi agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dikarenakan
pokok bahasan pada bidang studi Bahasa Indonesia begitu luas maka penulis
membatasi permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai mendeskripsikan
binatang pada kelas II Semester II SD
Negeri Sisalam 01 Kecamatan
Wanasari Kabupaten Brebes.
Dalam
hal ini penulis membaginya ke dalam empat macam masalah, diantaranya :
1. Penggunaan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
2. Peningkatan
kinerja guru pada pokok bahasan mendeskripsikan binatang.
3. Peningkatan
aktivitas siswa pada pokok bahasan mendeskrpsikan binatang.
4. Peningkatan
hasil belajar siswa pada pokok bahasan mendeskripsikan binatang.
C.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan Contextual Teachhing and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan
binatang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes?
2.
Bagaimana aktivitas siswa pada saat
digunakan pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan binatang untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes?
3.
Bagaimana hasil belajar siswa
setelah digunakannya pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan binatang pada siswa
kelas II SD
Negeri Sisalam 01 Kecamatan
Wanasari Kabupaten Brebes?
D.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah di atas, maka tujuannya adalah untuk:
1.
Mengetahui perencanaan pembelajaran
penggunaan pendekatan Contextual
Teachhing and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan binatang untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
2.
Mengetahui aktivitas siswa pada saat
menggunakan pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan binatang untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas II SD Negeri
Sisalam 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes?
3.
Mengetahui hasil belajar siswa
setelah digunakan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) tentang mendeskripsikan binatang pada siswa
kelas II SD
Negeri Sisalam 01 Kecamatan
Wanasari Kabupaten Brebes?
E.
Manfaat
Penelitian
Manfaat
penelitian ini yaitu :
1.
Bagi Siswa
Penelitan
ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi siswa dalam pembelajaran,
sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Indonesia, khususnya
dalam aspek menulis. Dengan demikian, siswa dapat menyukai kegiatan menulis dan
dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menuangkan berbagai ide, gagasan,
serta pengalamannya dalam sebuah tulisan imajinatif yang dapat dinikmati oleh
orang lain.
2.
Bagi Guru
Penelitian
ini dapat memberikan manfaat bagi guru, yakni dapat memberikan pengalaman dan
wawasan bagi guru bahwa dalam membelajarkan Bahasa Indonesia pada aspek
menulis, khususnya bagi siswa kelas rendah yang membutuhkan suatu pendekatan
dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan rasa senang pada
siswa pada saat pembelajaran. Dengan demikian siswa dapat termotivasi dalam
belajar dan akan berakibat pada pencapaian prestasi belajar yang maksimal dan
sesuai dengan harapan.
3.
Bagi Sekolah
Penelitian
tindakan ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam peningkatan dan perbaikan mutu
pembelajaran menulis di sekolah.
F.
Langkah-langkah Penelitian
Seluruh
data yang sudah terkumpul dari penelitian ini, kemudian dianalisis menggunakan
metode penelitian tindakan kelas. Adapun tahapan dan penganalisisan data
tersebut adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab I pendahuluan
memuat latar belakang masalah, indentifiasi masalah, pembatasan masalah,
rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab II tinjauan
pustaka memuat, belajar, pembelajaran, mengajar, hasil belajar, alat peraga,
Hakekat IPA, kerangka berpikir dan hipotesis.
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
Pada bab III metodologi
penelitian memuat tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, variabel dan
definisi operasional, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik
pengolahan data dan analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
Pada bab IV hasil
penelitian dan pembahasan memuat deskripsi data, hasil analisis data dan
interprestasi hasil penelitian.
BAB V KESIMPULAN DAN
SARAN
Pada
bab V terdiri dari kesimpulan dan saran.
No Responses to "Skripsi bab I"