Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » kumpulan skripsi

kumpulan skripsi

Sabtu, 27 September 2014

BAB III
DESKRIPSI OBYEKTIF LOKASI PENELITIAN

A.    Lokasi dan Subjek Penelitian
1. Lokasi Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Salah satu alasan dipilihnya siswa kelas V sebagai subjek penelitian adalah karena peneliti pernah mengajar di kelas V dengan tujuan agar meningkatkan kualitas belajar dan mengajar siswa, aktivitas, pemahaman dan hasil evaluasi siswa meningkat.
Lokasi dalam penelitian ini adalah SDN Grinting 03 Kecamatam Bulakamba Kabupaten Brebes. SDN Grinting 03 berada di desa Kalisari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Sasaran penelitian yang akan peneliti laksanakan adalah dengan penerapan metode Inquiri pada pembelajaran Matematika.
26
 
Dasar-dasar pertimbangan penulis memilih subjek penelitian yaitu karena lokasi SDN Grinting 03  Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes tidak terlalu jauh dari tempat tinggal peneliti sehingga memudahkan dalam melaksanakan penelitian. Selain itu untuk memperkenalkan kegiatan penelitian kepada guru-guru dengan tujuan agar mereka meningkatkan kualitas dan aktivitas mengajar dalam pelaksanaan tugasnya.
Pertimbangan lainnya adalah karena lokasi tersebut memerlukan pengembangan metode pembelajaran yang akan meningkatkan prestasi kinerja guru dan aktivita siswa, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan optimal.
Untuk lebih jelasnya berikut peneliti paparkan letak geografis, keadaan guru, dan keadaan siswa.
a.      Letak Geografis
SDN Grinting 03 terletak di jalan desa Grinting  Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Terlatak di samping masjid desa Grinting dan mempunyai lokasi di dekat jalan sehingga lebih mudah dalam menjangkaunya.
Profil sekolah bisa dilihat dibawah ini:
PROFIL SEKOLAH
1.      Nama sekolah                                            : SD NEGERI GRINTING 03
2.      Alamat
Jalan                                                          : Nila Nomor 110.
Desa                                                          : Grinting
Kecamatan                                                : Bulakamba
Kabupaten                                                 : Brebes
Propinsi                                                     : Jawa Tengah
3.      Visi dan Misi
a.    Visi                                                       : Unggul dalam Prestasi Santun dalam Perilaku
b.    Misi                                                      : Mengembangkan PAKEM dengan menerapkan manajemen berbasis kompetensi
4.      Nama Kepala Sekolah                               : MUGNI,S.Pd.M.Pd
5.      NIP                                                           : 19710101 199703 1 019
6.      Telp                                                           : (0283) 870003
7.      No.Rekening BPD                                    : 3-028-00208-3
8.      Tahun beroperasi                                       : 1982
9.      Kepemilikan tanah                                    :
a.       Status Tanah                                       : SDN Grinting 03
b.      Luas Tanah                                          : 4.820 m2
10.  Data Siswa Tahun terakhir

JumlahSiswa
Kelas
I
II
III
IV
V
VI
370
60
55
58
68
79
50

11.  Jumlah Rombongan Belajar
Kelas 1 – 6                                               :  12 Rombongan belajar
12.  Data Ruang Kelas
Jumlah Ruang Kelas                                 :  9 Ruang

13.  Data Guru
NO
NAMA
JABATAN
MENGAJAR KELAS
1
Mugni, S.Pd
Kepala Sekolah
5 – 6
2
Sri Taati
Guru Kelas
2 ab
3
Tafsir
Guru Agama
1 – 6
4
Suharto
Guru Kelas
5 a
5
Sukamim
Guru Kelas
5 b
6
Sudarjo
Guru Kelas
6 a
7
Rojikhi
Guru Kelas
4 a
8
Tri Aji Santoso
Guru Kelas
6 b
9
Dul Khayat
Guru Kelas
3 a
10
Risdiyanto
Guru Penjaskes
1 – 6
11
Ristiono
Guru Kelas
3 b
12
Eka Wahyungrum
Guru Kelas
1 ab
13
Bunga Aprillia
Guru Kelas
4 b
14
Risa Dyah A.
Guru Mulok
3 – 6
15
Sudarmo
Penjaga SD


B.       Desain Penelitian
Rencana penelitian tindakan kelas ini, menggunakan desain dengan siklus yang akan dilaksanakan dalam dua siklus tergantung pada tingkat keberhasialan belajaar siswa, setiap siklus dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. Penulis menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Model Kemmis menggunakan sistem spiral Refleksi diri yang dimulai dengan “merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melaksanakan observasi, melakukan refleksi, perencanaan kembali merupakan dasar untuk suatu awal dari pemecahan permasalahan ( Kasbolah, 2006 : 13 ).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Arikunto (2012: 3) menyatakan bahwa ”penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama”. Lebih lanjut Suhardjono (Arikunto, 2012: 58) menyebutkan bahwa ”PTK adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki/meningkatkan mutu praktik pembelajaran”.
Pada dasarnya dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat empat tahapan penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, (observasi) dan refleksi. Berikut adalah gambar desain penelitian yang dilakukan peneliti disesuaikan dengan desain penelitian model Spiral :






 


















Gambar
Spiral Tindakan Penelitian Kelas
Sumber : Surahman, Endang (2005 : 10)


Langkah pada setiap siklus adalah penyusunan rencana. Tahapan berikutnya tindakan dan sekaligus pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan. Hasil pengamatan kemudian dievaluasi dalam bentuk refleksi. Apabila hasil refleksi siklus pertama belum memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, berikutnya disusun lagi rencana untuk dilaksanakan pada siklus kedua. Dan seterusnya sampai hasil yang diinginkan benar-benar tercapai.
1.      Perencanaan
Rencana tindakan yang akan dilakukan dalam bentuk siklus. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi gagasan umum lalu dispesifikasi sesuai dengan tema penelitian.
a.       Perencanaan
Pada tahap perencanaan peneliti melakukan observasi tentang keadaan yang ada dalam penelitian. Rancangan tindakan penelitian ini dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1)      Menentukan kompentasi dasar yang akan diajarkan yaitu mengenal dan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.
2)      Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
b.      Pelaksanaan.
Penelitian dilaksanakan dalam 3 Siklus. Penelitian di lakukan di ruang kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba   Kabupaten Brebes. Penulis melakukan penelitian pada mata pelajaran Matematrika dengan materi bilangan pangkat tiga.
c.       Pengamatan
pada tahap ini kinerja guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran diamati secara teliti dengan menggunakan pedoman observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa baik aktivitas individu maupun aktivitas kelompok.
d.      Refleksi
pada tahap ini dianalisis kekurangan dan kelebihan dari rancangan yang telah dilaksanakan. Apabila terdapat kekurangan, maka kegiatan pembelajaran perlu diperbaiki pada siklus berikutnya.
2.      Rencana Penelitian
Adapun perencanaannya yaitu :
a.       Meminta izin kepada Kepala Sekolah di SDN Grinting 03
Permintaan izin Kepala Sekolah diperoleh atas dasar pertimbangan bahwa peneliti pernah belajar mengajar di SDN Grinting 03, serta tidak luput dukungan dan motivasi diberikan secara utuh oleh Kepala Sekolah beserta guru – guru lainnya.
b.      Penyusunan skenario pembelajaran yang berupa RPP
Pada tahap ini peneliti menyusun serangkaian kegiatan secara menyeluruh berupa siklus tindakan penelitian.
c.       Menentukan media yang sesuai dengan materi sebagai alat bantu yang tepat untuk membantu siswa dalam memahami materi yang dijadikan objek penelitian.
d.      Menyusun tekhnik pengamatan pada setiap tindakan yaitu berupa format observaasi, lembar wawancara, dan kamera foto.


3.      Pelaksanaan Penelitian  
Kegiatan yang dilaksanakan pada tahap ini adalah :
a.       Peneliti sebagai praktisi dalam penelitian ini, melaksanakan rencana pembelajaran yang telah disusun dan seorang guru sebagai observer.
b.      Ketika penelitian dilaksanakan proses pembelajaran, observer mencatat dan mendokumentasikan setiap indikator kebarhasilan mengenai proses dan hasil sehingga diperoleh data yang akan menjadi bahan masukan dalam melaksanakan penelitian ini.
Secara ringkas pelaksanaan penelitian ini untuk setiap siklus dapat diuraikan sebagai berikut :
Mata Pelajaran Matematika
Siklus I :
a.     Siswa dibimbing KM untuk menbaca do`a dan salam pada guru.
b.    Mengecek kehadiran siswa melalui absensi.
c.    Memotivasi siswa dalam belajar agar terfokus pada materi ajar.
d.   Memberi ilustrasi tentang bilangan pangkat.
e.    Siswa menyimak penjelasan dan bertanya jawab seputar materi tentang materi bilangan pangkat tiga.
f.     Siswa membentuk kelompok.
g.    Siswa diminta untuk menyebutkan bilangan pangkat tiga.
h.    Siswa mendiskusikan lembar kerja siswa ( LKS )
i.      Siswa melaporkan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain.
j.      Siswa menyimpulkan hasil belajar bersama – sama, dan mencatat resume pelajaran yang dipelajari.
k.    Siswa diberiksn tugas untuk pertemuan berikutnya.
l.      Guru menutup pelajaran
Siklus II
a.    Siswa dibimbing KM untuk menbaca do`a dan salam pada guru.
b.    Mengecek kehadiran siswa melalui absensi.
c.    Memotivasi siswa dalam belajar agar terfokus pada materi ajar.
d.   Memberi ilustrasi tentang bilangan pangkat.
e.    Siswa menyimak penjelasan dan bertanya jawab seputar materi tentang materi bilangan pangkat tiga.
f.     Siswa membentuk kelompok.
g.    Siswa diminta untuk menyebutkan bilangan pangkat tiga.
h.    Siswa mendiskusikan lembar kerja siswa ( LKS )
i.      Siswa melaporkan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain.
j.      Siswa menyimpulkan hasil belajar bersama – sama, dan mencatat resume pelajaran yang dipelajari.
k.    Siswa diberiksn tugas untuk pertemuan berikutnya.
l.      Guru menutup pelajaran




C.    Langkah-langkah Penelitian
1.      Perencanaan
Perencanaan adalah gambaran semua yang akan dilakukan dalam pelaksanaan penelitian. Perencanaan harus dibuat dengan sematang mungkin agar dalam pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar. Perencanaan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari sebagai berikut:
a.    Pembuatan judul penelitian.
b.    Pembuatan proposal penelitian.
c.    Perijinan tempat penelitian yaitu di SDN Grinting 03 Brebes.
d.   Pembuatan jadwal penelitian.
e.    Pembuatan instrumen penelitian
2.      Pelaksanaan Tindakan
Peneliti melakukan semua kegiatan yang telah direncanakan. Penelitian tindakan akan dilakukan setelah seminar proposal dan setelah dilakukan revisi proposal. Penelitian dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Di dalam jadwal, pelaksanaan tindakan akan dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni.
3.    Observasi
Observasi dapat dilakukan dalam pelaksanaan tindakan. Kegiatan observasi dilakukan untuk mengetahui jalannya kegiatan penelitian. Observasi dilakukan oleh peneliti dan juga dapat di bantu oleh teman sejawat. Hasil dari observasi ini nantinya akan direfleksi untuk mengetahui apakah penelitian yang dilakukan sudah berhasil atau tidak dengan mengacu dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan
4.    Refleksi
Kegiatan refleksi dilakukan berdasarkan hasil observasi dari pelaksanaan kegiatan. Refleksi bertujuan untuk mengetahui apakah penelitian yang dilakukan berhasil atau tidak. Melalui refleksi peneliti juga dapat mengetahui faktor keberhasilan ataupun kegagalan dari penelitian.

D.      Teknik dan Instrumen Penelitian
Observasi merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan dalam alur penelitian tindakan kelas. Kegiatan observasi bertujuan untuk menemukan temuan -  temuan penting selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu observasi juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perubahan yang terjadi dengan adanya pelaksanaan tindakan yang berlangsung. Salah satu tahap yang terdapat dalam penelitian tindakan kelas adalah observasi (pengamatan), observasi ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung. Hal – hal yang diamati adalah pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun melalui perencanaan pembelajaran dari waktu ke waktu dan bagaimana dampaknya terhadap proises dan hasil belajar. Kegiatan observasi ini dilakukan untuk mengetahui cara guru mengajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan tujuan observasi, maka diharapkan adanya suatu perubahan yang bersifat positif dari suatu pelaksanaan tindakan. Sehingga dapat memperbaiki proses dan hasil belajar. Apabila kenyataan dalam pelaksanaan tindakan terjadi perubahan diluar perencanaan, maka perubahan tersebut mutlak dicatat ddan dicermati penyebabnya serta ditentukan langkah-langkah perbaikannya.
Dalam rangka melaksanakan kegiatan observasi peneliti menyusun lembar observasi, selain itu peneliti akan dibantu seorang observer yang mengamati pelaksanaan tindakan mencatatnya  pada lembar observasi tadi. Catatan – catatan yang dituangkan observer dalam lembar observasi tersebut meliputi tanggapan – tanggapan mengenai kinerja siswa atau guru dan hal – hal ini diluar perencanaan. Selanjutnya, catatan – catatan yang telah terkumpul akan dianalisis. Untuk melakuykan kegiatan observasi, peneliti dibantu oleh seseorang observer untuk mengamati selama pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi. Catatan – catatan dalam lembar observasi mencakup pada kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Selanjutnya catatan tersebut digunakan sebagai salah satu data yang dianalisis.
Sebagai alat pengumpul data, maka peneliti menyusun instrumen penelitian, dalam rangka memperoleh data yang akurat dalam pengumpulabn data sesuai dengan permasalahan dalam penelitian. Instrumen yang akan dipergunakan dalam penelitian ini, meliputi lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan, Lembar Kerja Siswa (LKS) ,soal evaluasi dan kamera.Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes.
1.      Tes
Menurut Riduwan (2006), tes sebagai instrumen pengumpulan data adalah serangkaian pertanyaan/latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu/kelompok.
Tes ini akan digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Tes ini disusun berdasarkan rumusan indikator yang dituangkan dalam kisi-kisi tes hasil belajar. Tes dilaksanakn pada setiap awal dan akhir tiap siklus.
2.      Wawancara
Arikunto (dalam Rahmawati, 2009:25) menyatakan bahwa wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. Pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan dan terwawancara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dialog atau percakapan ditunjukkan melalui kegiatan ini. Terdapat feedback atau respons antara orang yang satu dengan yang lain.
Wawancara akan dilakukan untuk memperoleh tanggapan dari study selaku observer. Wawancara dilakukan setelah akhir dari semua siklus pembelajaran kepada siswa dan guru.


3.      Observasi
Menurut (Arikunto, 2006: 229) dalam  menggunakan observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan format atau blangko pengamatan sebagai instrumen pertimbangan kemudian format yang disusun berisi item-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarkan. Dari peneliti berpengalaman diperoleh suatu petunjuk bahwa mencatat data observasi bukanlah sekedar mencatat, tetapi juga mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penilaian kepada skala bertingkat. Misalanya memperhatikan reaksi penonton televisi, bukan hanya mencatat rekasi tersebut, tetapi juga menilai reaksi tersebut apakah sangat kurang, atau tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki.
Observasi akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran metode inquiri setelah proses pembelajaran.
4.      Dokumentasi
Menurut Arikunto (2006:158), Dokumentasi adalah mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, notulen, rapot, agenda dan sebagainya.
Dokumentasi digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dalam observasi dengan mencatat atau mengabadikan kegiatan berupa foto atau melihat catatan-catatan (arsip-arsip) yang dilakukan dalam penelitian. Dokumen-dokumen tersebut antara lain berupa arsip perencanaan pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa yang dapat memberi informasi data serta dokumen berupa foto yang menggambarkan situasi pembelajaran Matematika. Dokumentasi ini dilakukan selama proses belajar mengajar pada Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan.

E.     Teknik Analisis Data
Analisis keseluruhan tindakan terhadap model pembelajaran kmetode inquiri mulai dari siklus I, siklus II. Adapun analisis data yang dilakukan terhadap data-data yang terkumpul melalui tes tertulis dan tes observasi.
1.      Analisis Tes
Analisis tes ini menggunakan rumus mencari rata-rata atau mean. Mean atau rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh sekor dibagi dengan banyaknya subjek (Sudjana, Nana, 2005 : 109). Secara sederhana rumusnya adalah :
Keterangan :
 X = Rata-rata
 ∑x = Jumlah seluruh sekor
 N  = Banyaknya subjek


2.      Analisis Wawancara
Data hasil wawancara dilakukan dengan pengumpulan pernyataan guru. Jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan dianalisis kemudian diambil kesimpulan mengenai tanggapan guru pada pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square.
3.      Analisis Observasi
Analisis observer yang terdiri dari dua orang (guru dan teman sejawat) untuk mengamati guru dan siswa pada setiap siklus.
4.      Triangulasi Data
Mengguanakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memeiliki sudut pandang yang berbeda.
5.      Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan pada penelitian tindakan kelas ini adalah bila hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dapat meningkat atau mengalami peningkatan, yakni kemampuan siswa dalam mengerjakan soal tes formatif mencapai nilai rata-rata 70 dengan persentase 73%.



Tabel 3.1 Jadwal Penelitian
No
Jadwal Kegiatan
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Studi Literatur
2
Pengumpulan Data
3
Pengolahan Data
4
Analisis Data
5
Kesimpulan
6
Penyusunan Laporan


No Responses to "kumpulan skripsi "

Poskan Komentar