RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD NEGERI KUPU 02
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert.
4 – 6 (3 minggu) - Pert. 7 – 8 (2 minggu)
I.
Standar Kompetensi
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan
Jepang
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan
nasional Indonesia
§ Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam
mempersatukan Indonesia
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 4 - 6)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Menjelaskan mengenai sebab-sebab
meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh
Islam yang menentang kedatangan Belanda
F Mengajak siswa memperhatikan peta
pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
F Mengadakan tanya jawab mengenal
lembaga-lembaga bentukan Jepang
F Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang
sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
(Pertemuan 7 - 8)
· Pendahuluan
-
Bertanya
jawab sesuai dengan materi
-
Memberi
penjelasan singkat tentang peranan pemuda
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Menjelaskan secara singkat latar belakang
munculnya pergerakan nasional
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Menugaskan siswa untuk membuat profil
riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi
Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
F Menugaskari siswa untuk membuat laporan
tentang tokoh pejuarig yang ada di provinsi tempat tinggalnya
F Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa
sumpah pemuda khususnya tentang konggres pemuda I dan II
F Menugaskan siswa membuat catatan mengenal
peranan tiga tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda
F Menugaskan setiap siswa menjawab
pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan
Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memandu siswa untuk menyimpulkan
pentingnya pembentukan organisasi pergerakan nasional
F Mendorong siswa untuk melakukan tugas pembiasaan
agar siswa dapat mencontoh sikap-sikap terpuji pars pahlawan pergerakan
nasional
F Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat
Dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar, Peta
§ Sumber :
Pengetahuan Sosial
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menceritakan sebab jatuhnya
daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§ Menjelaskan sistem kerja paksa dan
penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§ Menceritakan perjuangan para tokoh
daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§ Menceritakan pendudukan Jepang di
Indonesia
§ Menceritakan sebab dan akibat pengerahan
tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§ Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh
penting pergerakan nasional
§ Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§ Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§ Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah
nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Kupu, 8 Mei 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Praktikan
SURATIN, S.Pd ADI
PRASETYO
NIP : 19631012 198405 2001 NIM : 100641612
No Responses to "Contoh RPP Berkarakter "