Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » kumpulan skripsi bab 5

kumpulan skripsi bab 5

Sabtu, 27 September 2014

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes
Selain itu dapat disimpulkan pula hal-hal berikut:
1.         Perencanaan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes ) dimulai dari menyusun RPP yang sesuai dengan tindakan yang akan dilaksanakan, menyiapkan media yang akan ditampilkan, menetapkan waktu pelaksanaan tindakan, sampai menyusun instrumen penelitian. Kemampuan guru yang baik dalam merencanakan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri di Kelas V Sekolah Dasar dapat memberikan fasilitas pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif.
2.         Proses pelaksanaan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes ) dilaksanakan dalam dua siklus sesuai dengan RPP yang telah disusun. Kemampuan guru yang baik dalam melaksanakan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga di Kelas V Sekolah Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Selain itu pembelajaran terasa menyenangkan dan memberikan pengalaman langsung serta menumbuhkan minat dan motivasi untuk belajar Matematika.
3.         Evaluasi pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes ) dilaksanakan dengan menganalisis observasi siswa selama pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Kemampuan guru yang baik dalam mengevaluasi pembelajaran materi opearsi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri di Kelas V Sekolah Dasar dapat menganalisis seobyektif mungkin hal-hal yang akan dinilai serta dapat memberikan nilai yang seadil-adilnya kepada siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes  dilihat dari tes data hasil perbaikan siswa di siklus II dalam pembelajaran Matematika dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata – rata siswa dari siklus I yang di peroleh siswa sebesar 59,20 dan dari siklus II menjadi 72.60 sehingga kenaikan sebesar 15,8. Sedangkan prosentase kelulusan siswa pada siklus I mencapai 59% dan pada siklus II  meningkat menjadi 95% sehingga mengalami kenaikan sebesar 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemblajaran pada siklus II dikatakan berhasil karena nilai rata – rata yang diperoleh siswa mencapai 72,60 melebihi nilai KKM yang telah di tetapkan dan jumlah prosentase kelulusan siswa sudah mencapai 95%.
B.     SARAN
Berdasarkan temuan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dikemukakan beberapa saran yang bermanfaat bagi:
1.      Siswa
a.   Hendaknya kepada semua siswa pada saat dimulainya pembelajaran di kelas belajarlah dengan sungguh-sungguh agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
b.   Hendaknya siswa juga mampu aktif dan kreatif untuk meningkatkan hasil belajar terhadap suatu konsep agar pembelajaran bermakna bagi siswa.
2.      Guru
a.   Hendaknya bagi para guru dalam pembelajaran Matematika dapat menggunakan metode yang tepat sehingga memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Khususnya pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan pangkat tiga guru dapat menggunakan metode Inquiri yang dapat memberikan manfaat, diantaranya menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan, siswa belajar dengan melihat suatu konsep gambar yang disediakan guru, memperkaya pengalaman dengan hal-hal yang bersifat objektif dan realistik, mengembangkan sikap berfikir ilmiah, dan hasil belajar akan tahan lama dan internalisasi.
b.   Hendaknya sebelum menerapka metode Inquiri guru  memperhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya seperti menetapkan tujuan Inquiri, mempersiapkan alat dan bahan, sampai memberikan penjelasan tentang apa yang harus diperhatikan dan tahapan-tahapan yang mesti dilakukan peserta didik, termasuk yang dilarang dan membahayakan.
3.      Sekolah
a.   Hendaknya sekolah menyediakan sarana, dan prasarana pembelajaran yang lengkap sehingga hasil pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
b. Hendaknya sekolah menyediakan fasilitas bagi para guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas sehingga dapat mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran sesuai kebutuhan.




No Responses to "kumpulan skripsi bab 5"

Poskan Komentar