BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Negeri
Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes
Selain itu dapat disimpulkan pula hal-hal berikut:
1.
Perencanaan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga
dengan menggunakan metode Inquiri
untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri
Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes ) dimulai dari menyusun RPP
yang sesuai dengan tindakan yang akan dilaksanakan, menyiapkan media yang
akan ditampilkan, menetapkan waktu pelaksanaan
tindakan, sampai menyusun instrumen penelitian. Kemampuan guru yang baik dalam
merencanakan pembelajaran materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri di Kelas V Sekolah Dasar dapat memberikan fasilitas pembelajaran yang
membuat siswa aktif dan kreatif.
2.
Proses pelaksanaan
pembelajaran
materi operasi hitung bilangan pangkat
tiga dengan menggunakan metode
Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan
Brebes ) dilaksanakan dalam dua siklus sesuai dengan RPP yang telah
disusun. Kemampuan guru yang baik dalam melaksanakan pembelajaran materi
operasi hitung bilangan pangkat tiga di Kelas V Sekolah Dasar
dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi operasi hitung bilangan pangkat tiga.
Selain itu pembelajaran terasa menyenangkan dan memberikan pengalaman langsung serta
menumbuhkan minat dan motivasi untuk belajar Matematika.
3.
Evaluasi
pembelajaran materi
operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri
untuk meningkatkan hasil belajar siswa (di Kelas V SD Negeri
Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes ) dilaksanakan dengan
menganalisis
observasi siswa selama pembelajaran,
dan tes hasil belajar siswa. Kemampuan guru yang baik dalam
mengevaluasi pembelajaran materi opearsi hitung bilangan pangkat tiga dengan menggunakan metode Inquiri
di Kelas V Sekolah Dasar dapat menganalisis seobyektif mungkin hal-hal yang
akan dinilai serta dapat memberikan nilai yang seadil-adilnya kepada siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan pangkat tiga dengan
menggunakan metode Inquiri
di Kelas V SD Negeri Grinting 03 Kecamatan Bulakamba Kecamatan Brebes dilihat dari tes data hasil perbaikan siswa di siklus II
dalam pembelajaran Matematika dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata –
rata siswa dari siklus I yang di peroleh siswa sebesar 59,20 dan dari siklus II
menjadi 72.60 sehingga kenaikan sebesar 15,8. Sedangkan prosentase kelulusan
siswa pada siklus I mencapai 59% dan pada siklus II meningkat menjadi 95% sehingga mengalami
kenaikan sebesar 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemblajaran pada
siklus II dikatakan berhasil karena nilai rata – rata yang diperoleh siswa
mencapai 72,60 melebihi nilai KKM yang telah di tetapkan dan jumlah prosentase
kelulusan siswa sudah mencapai 95%.
B.
SARAN
Berdasarkan temuan hasil penelitian
yang diperoleh, dapat dikemukakan beberapa saran yang bermanfaat bagi:
1. Siswa
a. Hendaknya
kepada semua siswa pada saat dimulainya pembelajaran di kelas belajarlah
dengan sungguh-sungguh agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
b. Hendaknya
siswa juga mampu aktif dan kreatif untuk meningkatkan hasil belajar terhadap suatu konsep agar pembelajaran bermakna bagi siswa.
2. Guru
a. Hendaknya
bagi para guru dalam pembelajaran Matematika dapat menggunakan metode yang tepat sehingga memberikan motivasi kepada siswa untuk
lebih semangat lagi dalam belajar. Khususnya pada pembelajaran Matematika
materi operasi hitung bilangan pangkat tiga guru dapat menggunakan metode Inquiri yang dapat memberikan
manfaat, diantaranya menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan, siswa
belajar dengan
melihat suatu konsep gambar yang disediakan guru,
memperkaya pengalaman dengan hal-hal yang bersifat objektif dan realistik,
mengembangkan sikap berfikir ilmiah, dan hasil belajar akan tahan lama dan
internalisasi.
b. Hendaknya
sebelum menerapka metode Inquiri guru memperhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan
sebelumnya seperti menetapkan tujuan Inquiri,
mempersiapkan alat dan bahan, sampai memberikan penjelasan tentang apa yang
harus diperhatikan dan tahapan-tahapan yang mesti dilakukan peserta didik,
termasuk yang dilarang dan membahayakan.
3. Sekolah
a. Hendaknya
sekolah menyediakan sarana, dan prasarana pembelajaran yang lengkap sehingga
hasil pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
b. Hendaknya sekolah menyediakan
fasilitas bagi para guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas sehingga
dapat mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran sesuai kebutuhan.
No Responses to "kumpulan skripsi bab 5"