Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » Skrpsi PTK terlengkap berkarakter, bab III

Skrpsi PTK terlengkap berkarakter, bab III

Sabtu, 27 September 2014

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Lokasi dan Subjek Penelitian
1.           Profil Sekolah
Nama Sekolah                       :  SD NEGERI BULUSARI 01
NSS                                      :  101032914009
Status                                                :  NEGERI
Tahun Berdiri                        : 
Alamat                                  :  JL. BHAKTI NO.02
Desa                                      :  BULUSARI
Kecamatan                            :  BULAKAMBA
Kabupaten                            :  BREBES
Propinsi                                 :  JAWA TENGAH
Nilai Akreditasi                    :  B
Jumlah Rombel                     :  7 KELAS
Luas Tanah Seluruhnya        :  2700 m2
Luas Bangunan                     : 
Luas Halaman                       :
Status tanah                          :  MILIK NEGARA

2.           Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan SD Negeri Bulusari 01  sebagai pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan yang kompetitif,berbudi pekerti luhur,dan berakhlak mulia.
Misi :
Ø  Meningkatkan Iman dan Ketaqwaan
Ø  Meningkatkan Kedisiplinan
Ø  Meningkatkan hubungan Kemitraan antara wali murid,komite sekolah, dan masyarakat
Ø  Melestarikan kebudayaan Daerah
Ø  Membentuk karakter siswa yang jujur, bertanggung jawab dan sopan santun
3.                  Keadaan Siswa
No
Kelas
Tahun Pelajaran
2013 / 2014
Jumlah
L
P
1.
1
19
17
38
2
2a
12
16
28
3
2b
17
13
30
4
3
23
19
42
5
4
22
20
42
6
5
12
21
33
7
6
22
16
38
Total
127
122
249

4.                  Keadaan Guru
No
Nama
Jabatan
Mengajar di Kelas
Ket.
1.
SUHARI,S.Ag
KEPSEK
5-6
PNS
2.
TUMISIH
Guru Kelas
6
PNS
3.
AMIROH .A,S.Pd
Guru Kelas
4
PNS
4.
JAMILAH,S.Pd
Guru Kelas
2
PNS
5.
TATI A. Ama.Pd
Guru Kelas
1
GTT
6.
SUTORO,S.Pd
Guru Kelas
5
GTT
7.
ATY M.C,S.Pd
Guru Kelas
3
GTT
8.
NUROKHIM
Guru Kelas
2
GTT
9.
JOHARI,S.Pd
Guru PJOK
1-6
PNS
10
LILIS A.S.PdI
Guru PAI
1-4
GTT
11
ISPRANOTO
Penjaga
-
PTT

GRAFIK JUMLAH SISWA SD NEGERI BULUSARI 01
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


5.                  Prasarana Sekolah
1.      Jenis prasarana yang dimiliki sekolah
No
Jenis
Keberadaan
Luas
(M2)
Fungsi
Ada
Tdk ada
Ada
Tdk ada
1
Ruang Kepsek

V



2
Ruang wakil Kepsek

V



3
Ruang Guru
V




4
Ruang BK

V



5
Ruang Tamu
V




6
Ruang UKS

V



7
Perpustakaan
V




8
Ruang Media dan Alat bantu

V



9
Ruang penjaga Sekolah

V



10
Pos keamanan

V



11
Aula

V



12
Gudang
V




13
Kantin Sekolah

V



14
Halaman Sekolah
V





B.     Desain Penelitian
1.      Rancangan Penelitian
Rancangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) artinya penelitian berbasis kelas yang prosedurnya diadaptasi dengan berbagai tindakan. Dalam literature berbahasa Inggris, PTK disebut classroom action research. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bulusari 01  Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dalam memahami materi tentang menulis puisi dengan menggunakan model pembelajarn Quantum
2.      Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi tentang menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Quntum. Proses pelaksanaan tindakan dilaksanakan secara bertahap sampai penelitian ini berhasil. Prosedur tindakan dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
3.      Perencanaan Tindakan
Peneliti melakukan identifikasi masalah yang akan diteliti dengan cara melakukan penelitian pendahuluan (pra siklus) terhadap proses pembelajaran di kelas, dan meneliti hasil belajar siswa pada nilai ulangan sebelumnya. Dari hasil penelitian pendahuluan, peneliti melaksanakan diskusi dengan teman sejawat (guru mata pelajaran) tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia sehingga dapat melakukan refleksi untuk merencanakan tindakan yang akan dilakukan dengan penelitian, kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap perencanaan ini adalah sebagai berikut:
a)         Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tentang menulis puisi berdasarkan gagasan pokok, dengan menggunakan model pembelajaran quantum.
b)        Membuat jadwal kunjungan
c)         Mempersiapkan instrument nontes dan tes. Instrumen nontes berupa lembar observasi dan wawancara. Instrument tes berupa tes uraian dan tes tindakan.
d)        Membuat media dan alat bantu pembelajaran.
e)         Menentukan cara observasi
f)         Menentukan jenis data dan cara pengumpulan data
4.      Pelaksanaan Tindakan
Pelaksaaan Tindakan pada penelitian, meliputi :
a)         Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum.
b)        Pelaksanaan observasi.
c)         Pelaksanaan tes dilakukan pada akhir proses pembelajaran setiap siklus berlangsung.
d)        Pelaksanaan analisis dan refleksi dilakukan oleh peneliti.
5.      Observasi
Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan dan tingkah laku siswa Selma proses pembelajaran berlangsung.

6.      Refleksi
a)         Memeriksa cattan hasil observasi dan wawancara
b)        Menganlisis his tes menulis puisi berdasrkan gagasan pokok
c)         Mengidentifikasi masalah yang ditemukan dari analisi hasil observasi dan hasil tes.
d)        Menentukan solusi yang akan digunkan untuk perbaikan pembelajaran.
e)         Membuat perencanaan ulang dilkukan setelah kesimpulan dari pelaksanaan refleksi.

C.    Teknik Pengumpulan dan Analisis Data 
1.        Tekhnik Pengumpulan Data
a.         Observasi
     Observasi merupakan teknik atau cara yang digunakan untuk mengukur kegiatan belajar siswa dan segala sesuatu yang terjadi dalam proses pembelajaran. Peneliti melakukan pengamatan terhadap proses, metode serta suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar. Data hasil observasi digunakan peneliti sebagai penunjang untuk mengukur hasil belajar yang telah dilakukan. Dari hasil observasi yang diperoleh melalui kegiatan pengamatan, peneliti mendapatkan suatu refleksi untuk melakukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya.

b.     Lembar Kerja Siswa
Dalam teknik pengumpulan data, Lembar Kerja Siswa (LKS) diperlukan untuk panduan bagi siswa dalam memecahkan permasalahan yang dilakukan secara berkelompok. LKS digunakan dalam pembelajaran, untuk membantu siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui pembelajaran
c.      Lembar Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan untuk menilai keterampilan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat pada kegiatan pembelajaran. Dalam penilaian proses, memiliki skala nilai yang telah ditentukan berdasarkan aspek yang dinilai. Dalam pengamatan ini, penilaian proses yang dinilai adalah aspek keaktifan siswa terhadap kegiatan diskusi, aktif bertanya dan mengemukakan pendapatnya.
Penilaian proses dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Aspek yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam kegiatan diskusi, keterampilan bertanya dan mengemukakan pendapat. Kriteria penilaian proses pada aspek keaktifan sebagai berikut




Tabel 1
Kriteria penilaian proses pada aspek keaktifan
Skor
Deskripsi
3
Siswa melakukan kegiatan diskusi sesuai dengan petunjuk dalam LKS, aktif bertanya, dan beranimengemukakan pendapat.

2
Siswa melakukan kegiatan diskusi sesuai dengan petunjuk dalam LKS, aktif dalam bertanya tetapi kurang berani mengemukakan pendapat.

1
Siswa melakukan kegiatan diskusi namun kurang sesuai dengan petunjuk LKS, kurang aktif bertanya, dan tidak berani mengemukakan pendapat.


d.      Evaluasi
Evaluasi dilakukan peneliti pada akhir pembelajaran. Kegiatan evaluasi ini dilakukan secara individu untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Evaluasi dilakukan pada setiap tindakan. Hasil evaluasi yang diperoleh dapat memberikan penjelasan bagi guru tentang hasil belajar yang dicapai oleh siswa secara klasikal
e.      Tekhnik Analisis Data
Dalam penelitian tindakan kelas (PTK), data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data kemudian diolah dan dianalisis secara sistematis. Data yang telah terkumpul, diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang berbentuk simbol atau kata-kata. Data yang termasuk ke dalam kategori kualitatif, yaitu data observasi, dan lembar kerja siswa. Sedangkan kategori data kuantitatif, yaitu data hasil evaluasi siswa. Data kualitatif digunakan untuk mendukung hasil yang diperoleh dari data kuantitatif.
Data kualitatif dianalisis dengan cara dikumpulkan dan diklasifikasikan untuk ditafsirkan agar data tersebut mempunyai makna. Untuk data kuantitatif diolah dan dianalisis dengan cara mencari nilai rata-rata dari data yang diperoleh. Hal ini dilakukan karena penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa secara klasikal, bukan secara individual. Setelah mendapatkan data nilai rata-rata, data tersebut diolah dan ditafsirkan secara kualitatif. Kegiatan analisis berdasarkan data yang diperoleh kemudian dikembangkan menjadi hipotesis untuk mendukung perumusan suatu kesimpulan penelitian.
Rumus :
Keterangan:
           = Rata-rata (Mean)
  = Jumlah seluruh nilai siswa
            = Banyaknya siswa
Metode ini dipilih oleh peneliti untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep pembelajaran mengenai benda dan sifatnya.
D.    Instrument penelitian
Penelitian ini menggunakan dua bentuk instrument, yaitu tes dan nontes.
1.      Instrumen tes
Instrumen dalam bentuk tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi. Hal ini bertujun untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang puisi dan kemampuan siswa dalam menulis puisi pada pra siklus yaitu sebelum dikenai perlakuan. Demekian juga pada siklus I, II dan seterusnya dengan dikenai perlakuan yaitu penggunan model pembelajaran quantum. Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian, yaitu meliputi: (1) kesesuaian isi dengan tema, (2) diksi, (3) rima, (4) pembaitan, (5) tipografi.
2.      Instrument Nontes
Instrumen nontes yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi dan wawancara.
3.      Instrumen Obsrvasi
Instrumen observasi ini digunakan untuk mengamati keadaan, sikap, respon, dan kesktifan siswa pada saat proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum. Lembar observasi yang digunakan adalah sebagai berikut:




Tabel 2
Lembar Observasi

NO.
FOKUS PENGAMATAN
HASIL OBSERVASI
1
2
3
4
5
1
Bagaimana kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran? (B1)





2
Bagaimana antusias siswa dalammendengarkan penjelasan guru? (B2)





3
Bagaimana keseriusan siswa dalam mengerjakan soal latihan? (B3)





4
Bagaimana siswa mengikuti alur kegiatan belajar? (B4)





5
Bagaimana aktifitas siswa melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? (B5)





6
Bagaimana interaksi siswa-guru dan siswa-siswa? (B6)





7
Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran quantum? (B7)





Deskripsi :
Skor 5 = Sangat baik, jika jumlah anak yang terlibat 90% - 100%
Skor 4 = Baik, jika jumlah anak yang terlibat 70% - 89%
Skor 3 = Sedang, jika jumlah anak yang terlibat 50% - 69%
Skor 2 = Kurang, jika jumlah anak yang terlibat 30% - 49%
Skor 1 = Jelek, jika jumlah anak yang terlibat 29% - 0%


4.      Instrument wawancara
Wawancara bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran quantum. Wawancara tersebut dilakukan di luar proses pembelajaran dengan teknik Tanya jawab. Dalam wawancara tersebut mengungkapakan beberapa aspek, yaitu: (1) kesan siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum, (2) minat siswa terhadap pembelajaran menulis puisi, (3) kesulitan apa yang dialami siswa pada saat pembelajaran menulis puisi,(4) pendapat siswa mengenai keuntungan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum, (5) saran siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum.

E.     Jenis data
1.      Data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa yaitu hasil tes akhir pembelajaran setiap siklus
2.      Data kualitatif yaitu diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil observasi dan wawancara dari setiap siklus.

F.     Teknik Analisis Data
1.      Teknik kuantitatif
Data kuantitatif dianalisis deskriptif, dengan langkah-langkah:
a.       Menghitung jumlah skor tiap siswa dan menentukan nilainya
b.      Menhitung jumlah nilai
c.       Menghitung rata-rata
d.      Menghitung nilai persentase ketuntasan belajar
2.      Teknik kualitatif
Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang sifatnya kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil data nontes. Data kualitatif dalam penelitian ini berasal dari observasi dan wawancara. Nalisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data nontes yang diperoleh.
a.       Prosedur Pengolahan Data
Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan format berikut :
Tabel 3
Format Pengolahan Data dan Kriteria Hasil Tes Siswa

Prosedur pengolahan data meliputi kegiatan sebagai berikut :
1)      Menjumlahkan seluruh hasil penskoran setiap aspek sesuai dengan kategori tes menggunakan rumus :
2)      Menghitung nilai hasil tes dengan menggunakan rumus :
Nilai hasil tes X =
3)      Menghitung nilai rata-rata () dengan rumus :
rata-rata
4)      Menghitung presentase ketuntasan belajar pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 70, dengan menggunakan rumus:
% Ketuntasan
5)      Menghitung jumlah perolehan (frekwensi) dari setiap aspek kriteria penilaian dan mengolah data hasil penghitungan menjadi presentase jumlah dengan menggunakan rumus :
presentase =
b.      Kriteria Hasil tes Siswa
Menentukan kriteria penilaian hasil tes ialah melalui cara mencocokan nilai hasil tes pada kolom rentang pada asil tes dengan kriteria penilaian yang terdapat pada table kriteria hasil tes.
Tabel 4
Kriteria Instrumen Hasil tes

Rentang Nilai
Kriteria Hasil Penilaian
90 – 100
Sangat Kompeten (SK)
70 – 89
Kompeten (K)
50 – 69
Cukup Kompeten (CK)
30 – 49
Kurang Kompeten (KK)
29 – 10
Sangat Kurang Kompeten (SKK)

c.       Interprestasi Data
Dari hasil penghitungan presentase ketuntasan, kemudian diklasifikasi sesuai table Klasifikasi Interprestasi Tingkat Ketuntasan. (Aqib, 2009:41).




Tabel 5
Klasifikasi Interprestasi Ketuntasan Belajar Siswa

Tingkat Keberhasilan
Interprestasi
>80%
Sangat tinggi
60% - 79%
Tinggi
40% - 59%
Sedang
20% - 39%
Rendah
<20%
Sangat rendah

Demikian juga dari hasil penghitungan persentase perolehan (frekuensi) dari setiap aspek, kemudian diklasifikasi sesuai table Klasifikasi Interprestasi Hasil Penelitian untuk memeberikan makna dari data hasil pengolahan dan kriteria peningkatan.
Tabel 6
Klasifikasi Interprestasi Hasil Penelitian

Besar Presentase
Interprestasi
0%
Tidak ada
1% - 25%
Sebagian kecil
26% - 49%
Hamper setengahnya
50%
Setengahnya
51% - 75%
Sebagian besar
76% - 99%
Hamper seluruhnya
100%
Seluruhnya

Hasil perhitungan nilai siswa dari masing-masing tes ini kemudian dibandingkan, yaitu antara pra siklus dengan siklus I dan antar siklus I dengan siklus II, dan seterusnya. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan kompetensi siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum.
3.      Teknik Kualitatif
Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang sifatnya kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil data nontes. Data kualitatif dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data nontes yang diperoleh. Data yang diperoleh dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II dapat dibandingkan dengan caramelihat hasil tes dan nontes sehingga dapat diketahui peningkatan perubahan perilakusiswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum.
a.       Prosedur Pengolahan Data
Prosedur pengolahan data meliputi kegiatan sebagai berikut:
1)      Menjumlahkan seluruh hasil penskoran setiap butir dengan menggunakan rumus :


2)      Menghitung nilai hasil observasi menggunakan rumus :
nilai hasil pengamatan



b.      Kriteria dan Interprestasi Data Hasil Pengamatan
Menentukan seluruh penilaian hasil pengamatan ialah melalui cara mencocokan nilai hasil pengamatan dan kriteria penilaian yang terdapat pada Tabel Kriteria Penilaian Hasil Pengamatan.

Tabel 7
Kriteria Penilaian Hasil Pengamatan

Rentang Skor
Kriteria Hasil Penilaian
90 – 100
Baik Sekali
70 – 89
Baik
50 – 69
Cukup
30 – 49
Kurang
29 – 10
Kurang Sekali

G.    Jadwal Penelitian
Jadwal yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2013/2014 dengan waktu kurang lebih  selama  tiga  bulan .   Adapun  kegiatan-kegiatan  yang  akan dilakukan meliputi :







Tabel 8
Jadwal Penelitian
No
Kegiatan Penelitian
April
2014
Mei
2014
Juni
2014
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Tahap Persiapan













a.       Mengajukan Judul












b.       Mendapatkan SK Bimbingan












c.       Mengajukan Proposal Penelitian












d.       Mendapatkan Surat Izin Penelitian











2
Tahap Pelaksanaan













a.       Penyusunan Instrumen












b.      Uji Instrumen












c.       Pelaksanaan Penelitian









3
Tahap Pengolahan Data dan Penulisan Laporan













a.       Pengolahan Data









b.      Penyusunan Skripsi










No Responses to "Skrpsi PTK terlengkap berkarakter, bab III"

Poskan Komentar