ABSTRAK
Fitri Anggraeni, 100641611. Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Dengan SD Negeri 2 CiwiruMenggunakan Model Quantum Pada Materi
Menulis Di Kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.
Kemampuan
menulis puisi siswa kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes belum memenuhi harapan dan perlu
ditingkatkan. Peningkatan kemampuan menulis puisi perlu dilakukan dengan
menggunakan model pembelajaran yang efektif dan efisien agar siswa lebih aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan, diantarnaya dengan menggunakan model
pembelajaran quantum Teaching.
Penelitian ini
berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan
Menggunakan Model Quantum Pada Materi Menulis Di Kelas V SDN Bulusari 01
Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes”. Dengan
mengangkat permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana hasil belajar siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran quantum
teaching dalam pembelajaran menulis puisi di kelas V ? 2). Bagaimana hasil
belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes ? 3). Bagaimana
penggunaan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes ?. Tujuan penelitian ini adalah 1).
Mengetahui dan menganalisa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran quantum teaching dalam
pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN Bulusari 01
Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. 2). Mengetahui dan menganalisa
hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. 3).
Mengetahui dan menganalisa penggunaan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SDN Bulusari 01 Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes.
metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang dilaksanakan di Kelas
V SDN Bulusari 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten
Brebes.
Tiap siklus teridri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi.subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi berdasarkan
gagasan pokok dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Pengambilan data tes berupa nilai tes kemampuan
menulis puisi, sedangkan data nontes berupa hasil observasi dan wawancara.
Analisis data dilakukan dengan membandingkan dan menentukan hasil belajar
menulis puisi siswa dari prasiklus ke
setiap siklus I, II dan III.
Dari
hasil analisis data penelitian, dapat diketahui hasil belajar menulis puisi
siswa dari prasiklus ke siklus. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes menulis puisi, yaitu pada prasiklus
nilai rata-ratanya 60.8 pada siklus I nilai
rata-ratanya adalah 62.2 dengan kategori
cukup kompeten, siklus II nilai
rata-ratanya adalah 69.9 dengan kategori
kompeten, dan siklus III nilai
rata-ratanya adalah 76.2, artinya dari prasiklus ke siklus I terdapat peningkatan 1,4% dan dari siklus I
ke siklus II terdapat peningkatan7,7% dan dari siklus II ke siklus II terdapat
peningkatan 6,3%, dengan demikian dari prasiklus ke siklus III terdapat
peningkatan 15,4%.
Berdasarkan
hasil analisis data tersebut, maka penggunaan model pembelajaran quantum dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN
Bulusari 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dalam pembelajaran menulis
puisi.
No Responses to "Contoh Abstrak Skripsi "