BAB
V
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan maka disimpulkan pada Penerapan model pembelajaran kontekstual
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi di kelas III SD
Muhammadiayah Kebagusan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah
ditetapkan sekolah yaitu 65. Keberhasilan pembelajaran dengan model
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang
lebih baik dari pra siklus sebanyak 32% yang mencapai KKM, siklus I sebnayak
64% yang mencapai KKM dan peningkatan juga didapat pada siklus II sebesar 86%
yang mencapai KKM. Pembelajaran dengan model kontekstual dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik yang lebih baik dalam mencari informasi dan pengetahuan
sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang lebih baik dan
meningkat.
B.
Rekomendasi
1.
Dalam penerapan model
pembelajaran kontekstual seorang pendidik harus benar-benar memahami dan
menguasai konsep materi yang akan di sampaikan sehingga pembelajaran berjalan
sesuai dengan harapan yaitu hasil belajar yang di dapat juga lebih maksimal dan
meningkat.
2.
Seorang pendidik harus
bisa mengatur dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan dapat menggunakan waktu
yang kosong untuk berdiskusi dengan tanya jawab baik sesama peserta didik
maupun dengan pendidik sehingga banyak waktu untuk mengupas lebih luas lagi
materi Energi seperti mengurangi waktu penyampaian materi dengan metode
ceramah.
3.
Partisipasi peserta
didik dalam pembelajaran kurang dikarenakan peserta didik yang aktif hanya
sebagian dan hal tersebut berakibat pada hasil belajar yang diperoleh, oleh
karena itu peserta didik harus dapat meningkatkan partisipasinya untuk lebih
aktif dalam pembelajaran dengan memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban
dari pertanyaan yang disampaikan
No Responses to "Kesimpulan dan Saran Skripsi Bab V"