Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » Kesimpulan dan Saran Skripsi Bab V

Kesimpulan dan Saran Skripsi Bab V

Jumat, 03 Oktober 2014

BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan pada Penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi di kelas III SD Muhammadiayah Kebagusan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Keberhasilan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang lebih baik dari pra siklus sebanyak 32% yang mencapai KKM, siklus I sebnayak 64% yang mencapai KKM dan peningkatan juga didapat pada siklus II sebesar 86% yang mencapai KKM. Pembelajaran dengan model kontekstual dapat meningkatkan keaktifan peserta didik yang lebih baik dalam mencari informasi dan pengetahuan sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang lebih baik dan meningkat.
B.       Rekomendasi
1.        Dalam penerapan model pembelajaran kontekstual seorang pendidik harus benar-benar memahami dan menguasai konsep materi yang akan di sampaikan sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan harapan yaitu hasil belajar yang di dapat juga lebih maksimal dan meningkat.
2.        Seorang pendidik harus bisa mengatur dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan dapat menggunakan waktu yang kosong untuk berdiskusi dengan tanya jawab baik sesama peserta didik maupun dengan pendidik sehingga banyak waktu untuk mengupas lebih luas lagi materi Energi seperti mengurangi waktu penyampaian materi dengan metode ceramah.
3.        Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran kurang dikarenakan peserta didik yang aktif hanya sebagian dan hal tersebut berakibat pada hasil belajar yang diperoleh, oleh karena itu peserta didik harus dapat meningkatkan partisipasinya untuk lebih aktif dalam pembelajaran dengan memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban dari pertanyaan yang disampaikan






No Responses to "Kesimpulan dan Saran Skripsi Bab V"

Poskan Komentar