Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer




Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Home » » Kisah Wafatnya Sayyidina " Umar bin Khatthab "

Kisah Wafatnya Sayyidina " Umar bin Khatthab "

Selasa, 28 Oktober 2014


Bulan Dzulhijjah dalah bulan dimana Sayyidina ' Umar bin Khatthab' gugur sebagai syahid dalam usia 63 tahun.beliau gugur saat melakukan shalat karena tikaman Abu'Lulu seorang budak majusi milik Al Mughirah din Syu'bah. Abu'Lulu meikam umar tepat setelah beliau mengucapkan takbiratul ihram.

Dalam peristiwa ini ternyatta Abu'Lulu berhasil meinimak 13 kaum muslimin yang ikut shalat berjama'ah dimana 6 diantara mereka meninggal dunia. Abu'Lulu sendiri akhirnya mati bunuh diri saat merasa tidak lolos dari tangkapan kaum muslimin. Kematia Umar adalah musibah terbesar yang dialami kaum muslimin setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Wafatnya Sayyidina Umar bin Khatthab dengan cara seperti ini sebenarnya adalah berkat do'a beliau yang ingin meninggal duia sebagai syahid. Abu Shalih Assaman meuturkan bahwa Ka'b Al Ahbar berkata kepada 'Umar. '' Saya menemukan informasi tentang dirimu dalam Taurat bahwa egkau akan terbunuh sebagai syahid.'' ''Bagaimana mungkin aku mati syahid sedang aku dijazirah Arab,'' jawab Umar. Aslam berkata sebagaimana dalam riwayat Imam Al Bukhari bahwa Umar berdoa, ''Ya Allah, berilah aku anugerah mati syahid di JalanMu dan jadikan kematianku berada dinegara Rasul-Mu.'' Doa' Umar ternyata dikabulkan Allah, beliau mati syahid bukan dimedan perang diluar Madainah tetapi justru diMadinah yang notabene ibukota kaum muslimin saat itu.

Sebelum wafat, 'Umar memanggil putranya Abdullah bin umar untuk meminta izin keada Sayyidah'Aisyah agar diperbolehkan dikebumikan bersama Rasullullah dan Abu Bakar. Sayyidah'Aisyah mengabulkan permintaan 'Umar meskipun sesungguhnya beliau ingin dikuburkan ditempat tersebut bersama suaminya, Rasullullah dan ayahnya, Abu Bakar. Setelah mendengar Sayyidah'Aisyah mengizinkan, Umar berkata ''Alhamdulillah, tidak ada sesuatu yang sangat aku harapkan kecuali mendapat izin dari Sayyidah'Aisyah ( untuk dikubur bersama Rasulullah dan Abu Bakar).

Menurut Abuya Sayyid Muhammad 'Alawi dalam kitabnya Mahafim, keinginan umar tidak bisa ditafsirkan kecuali sebagai bentuk tawasul kepada Rasulullah sepeinggal beliau dengan mengharap keberkahan berada dekat beliau SAW.

No Responses to "Kisah Wafatnya Sayyidina " Umar bin Khatthab ""

Poskan Komentar